Hal-hal yang Harus Dikuasai dalam Menulis Buku Daras - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Hal-hal yang Harus Dikuasai dalam Menulis Buku Daras

Hal-hal yang Harus Dikuasai dalam Menulis Buku Daras

Ditulis Oleh Joy Johari pada Senin, 10 Juni 2013 | 21.24

Hal-hal yang Harus Dikuasai dalam Menulis Buku Daras . Menulis buku tidak sama dengan menulis makalah atau artikel. Menulis buku memerlukan ketekunan, kesabaran, dan keyakinan. Mengapa demikian? Karena menulis sebuah buku tidak akan selesai dalam satu atau dua malam seperti makalah dan artikel, tetapi berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Di sinilah ketekunan dan kesabaran serta keyakinan kita diuji. Kalau kita tekun, setiap ada waktu luang kita gunakan untuk menulis dan jangan cepat bosan dengan menulis.
Sebaliknya, kalau kita tidak tekun, tulisan yang sudah dirancang sedemikian rupa bisa terbengkalai, kemudian disambung dengan rasa bosan, akhirnya tidak selesai. Selain harus tekun, juga harus sabar karena menulis buku memerlukan waktu yang panjang. Selanjutnya, dengan keyakinan yang tinggi bahwa tulisan kita pasti selesai bahkan pasti terbit, motivasi untuk terus memacu agar tulisan cepat selesai pasti terbangun.
Menulis buku daras dapat menggunakan pola deduktif dan induktif. Pola deduktif adalah suatu cara berpikir dari umum ke khusus. Dalam penulisan buku daras dengan pola deduktif, suatu pokok bahasan dapat dimulai dari hal yang bersifat umum seperti pengertian pokok bahasan tersebut, kemudian uraian atau penjelasan, dan apabila menyangkut keterampilan, sampai pada cara-caranya atau langkah-langkahnya. Umumnya pola induktif, dari khusus ke umum, dipakai dalam penulisan buku daras. Buku daras umumnya disusun mulai dari contoh, peristiwa, cara, langkah-langkah, kemudian uraian dan simpulan mengacu pada asumsi dan pendapat tentang sesuatu. Simpulan ini merupakan pengertian atau batasan dari uraian sebelumnya. Karena itu, memiliki kebebasan untuk membuat batasan atau pengertian sendiri berdasarkan uraian itu.
Beberapa hal yang harus dikuasai dalam penulisan buku daras, yaitu:
  1. Menguasai materi 
  2. Terampil menggunakan kalimat efektif 
  3. Terampil menggunakan tanda baca 
  4. Berpedoman pada Kerangka Karangan 
  5. Terampil mengutip
Untuk pengertian Buku Daras, dapat dibaca di sini.
Sumber : Jauhari, Hari.(2013). Terampil Mengarang. Bandung : Nuansa Cendekia (hal. 177-179)
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Hal-hal yang Harus Dikuasai dalam Menulis Buku Daras ini diposting oleh Joy Johari pada hari Senin, 10 Juni 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Hal-hal yang Harus Dikuasai dalam Menulis Buku Daras ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Laman

Komentar Teranyar

Google+ Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal