Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran

Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran

Ditulis Oleh Joy Johari pada Sabtu, 23 Maret 2013 | 02.09

Pengertian Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran

Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi merupakan 3 istilah yang saat ini pernah “ngetrend” di kalangan para guru. Kala dihadapkan pada pertanyaan; “Apa sih pengertian dari ketiga istilah tersebut dan bagaimana penerapannya dalam kegiatan pembelajaran ?”, ternyata banyak para guru yang belum memahaminya. Hal ini disebabkan karena banyak para guru yang sama sekali belum menerima sosialisasinya. Sementara banyak guru yang sudah mendapat pelatihan namun tidak ada pelaksanaan pengimbasan kepada rekan-rekan guru di daerahnya masing-masing. Sehingga sampai kurikulum pun sebentar lagi akan berganti dengan kurikulum 2013, banyak para belum memahaminya.



Lalu bagaimana dengan pelaksanaan ketiga istilah tersebut di dalam kurikulum 2013? Masih adakah? Secara tersurat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, entahlah ! Tapi yang jelas implementasi dari ketiga istilah itu sebenarnya bukan hal baru. Bukankah setiap mengajar guru melaksanakan langkah-langkah pembelajarannya selalu tidak lepas dari yang namanya mengeksplorasi, mengelaborasi dan mengkonfirmasi? Oleh karena itu, apa pun namanya itu kurikulum, tetap secara sadar atau tidak, guru mestinya melakukannya. Namun tentu saja guru tidak akan dapat melaksanakannya dengan baik manakala belum paham apa itu eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Berikut ini pengertian dan contoh-contoh secara normatifnya.
A. Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ketiga istilah tersebut bermakna sebagai  berikut:
  1. Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi yang baru. 
  2. Elaborasi adalah penggarapan secara tekun dan cermat. 
  3. Konfrimasi adalah pembenaran, penegasan, dan pengesahan
B.  Aplikasi ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran. Pengaplikasian ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, mendorong peserta didik mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus ekplorasi adalah
Peserta didik :
  • menggali informasi dengan membaca, berdikusi, atau percobaan
  • mengumpulkan dan mengolah data

Guru :
  • menggunakan berbagai pendekatan dan media
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan sumber belajar
  • melibatkan peserta didik secara aktif

Dalarn kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu, membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus elaborasi adalah
Peserta didik :
  • melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
  • menanggapi laporan atau pendapat teman
  • mengajukan argumentasi dengan santun

Guru :
  • memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, meemcahkan masalah,
  • bertindak tanpa rasa takut
  • memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan peserta didik melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dikuasai guru, menambah informasi yang seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpercaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual. Guru membantu peserta didik menyelesaikan masalah dan menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus konfirmasi
Peserta didik :
  • melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya

Guru :
  • memberi umpan balik positif kepada peserta didik
  • memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
  • berperan sebagai narasumber dan fasilitator
  • memberi acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil ekplorasi
  • memberi motivasi kepada peserta didik
Demikian, gunakan inspirasi Anda untuk menginspirasi siswa, itu yang terpenting !

Sumber : alenmarlissmpn1gresik.wordpress.com/
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran ini diposting oleh Joy Johari pada hari Sabtu, 23 Maret 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

44 komentar:

  1. Terima kasih mas, terus semangat tuk berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih supportnya Mas, Insya Allah !

      Hapus
  2. Makasih sharenya, sgt brmanfaat. Smoga slalu sukses.

    BalasHapus
  3. terima kasik sangat membantu

    BalasHapus
  4. TQ ya dah berbagi.....sangat berguna banget!

    BalasHapus
  5. trims infonya...sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  6. ine indrati sigit19 Juni 2013 12.46

    Bagus, kalimat kesimpulan agar menggunakan inspirasi kita untuk menginspirasi siswa/peserta didik, itu yang terpenting

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Ok broo...terima kasih atas kunjungannya !

      Hapus
  8. mksh atas pencerahannya ya mas joy.

    BalasHapus
  9. mksh atas pencerahannya ya mas joy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  10. pendidikan cm di arahkan jadi pencari kerja/robot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga, cari kerja berlomba dg D3 !

      Hapus
  11. Oke Pak, akan saya praktikkan...
    Saran bagi pendidik, jangan terlalu membesar-besarkan pengaruh nilai. Jangan buat anak didik berambisi mengejar nilai bagus. Akan tetapi, buat mereka mau terus dan terus belajar dan mepraktikkan atau menerapkan apa yang dipelajarinya. Semangat..!!

    BalasHapus
  12. BURUAN BELANJA DI NATALIA SHOP DAPATKAN HARGA PROMO TERPERCAYA DI SELURU INDONESIA BEBAS RESIKO-BEBAS PENIPUA
    BERMINAT HUB-SMS:0857-1721-2287 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI
    http://www.natalia-shop7.blogspot.com/
    DIJUAL

    BLACKBERRY
    Asli Buatan Canada

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9900 Dakota
    Rp.1.500.000,

    Ready Stock !
    Blackberry Torch 9800
    Rp.1.200.000,

    Ready Stock !
    Blackberry bellagio 9790
    Rp.1.100.000

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 9220 Davis
    Rp.650.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Torch 2 9810 Jennings
    Rp. 1.350.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 9360 Apollo
    Rp.950.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Monza 9860
    Rp.1.400.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Keppler 9300 Curve 3G
    Rp.700.000,-

    SAMSUNG
    Asli Buatan Korea

    Ready Stock !
    Samsung L9100 Galaxy S2 - Black
    Rp. 1.000.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 8.9, 16GB - Pure Whit
    Rp. 1.600.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 7.7 Super AMOLED Plus
    Rp.1.500,000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Black
    Rp. 1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus

    BalasHapus
  13. Senang banget ngajar alami...sesuai tingkat keadaan dan kemampuan anak? Tapi gmn soal unas gak mau tau proses???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itulah yang sedari dulu tdk pernah nyambung antara di lapangan dan tuntutan pendidikan (terutama sains) dengan pembuat soal. Salam sukses !

      Hapus
  14. makasih buat post nya, mama saya lagi nyari-nyari pengertian eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi itu. Sukses terus.

    BalasHapus
  15. terimakasih bang Joy...sukses slalu

    BalasHapus
  16. terimakasih bang Joy artikelnya....sukses selalu

    BalasHapus
  17. Lucu.....mengucapkan sering,tapi arti yang sebenarnya bau tau sekarang ...trimakasih bung !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini

      Hapus
  18. Mkasih ats infox,,,ini hal yg mgkin bs membantu para tenaga pngajar untuk lbih mningkatkan kreativitasx dlam plaksanaan pmbelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Bu Erlina Pratiwi.
      Mudah-mudahan begitu, saya setuju.

      Hapus
  19. Makasih atas informasinya.

    BalasHapus
  20. ternyata tetap harus ada pada kurikulum 2013 walau dimodifikasi menjadi scientifik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh,ya betul Pak. Justru apalagi kalau scientifik, ketiga kegiatan mengeksplorasi, mengelaborasi dan mengkonfirmasi itu identik dengan pembelajaran sains

      Hapus
  21. oke cakep bos...jd kian kaya wa2san nih....thank u lho yaaa........

    BalasHapus
  22. masluha a lfauziyah11 Maret 2014 08.50

    wah....menbantu banget nih thanks.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, syukurlah bermanfaat

      Hapus
  23. betul seharusnya guru seperti itu makanya harus ada uji kompetitif bagi seorang guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya mungkin uji kompetensi...thanks

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !

Untuk Anda yang tidak memiliki blog dapat berkomentar dengan FACEBOOK atau TWITTER dengan cara :
1. Pilih Name/URL
2. Lalu masukan nama dan URL (link) facebook atau twitter sobat
3. Lalu tekan LANJUTKAN dan berkomentarlah !

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Laman

Komentar Teranyar

Google+ Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal