Radang Testis Atau Buah Zakar - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Radang Testis Atau Buah Zakar

Radang Testis Atau Buah Zakar

Ditulis Oleh Joy Johari pada Minggu, 20 Januari 2013 | 04.57

Tepat sehabis shalat maghrib Petir Fenomenal menengok kakak ipar ke rumahnya, karena mendengar bahwa ia sedang kesakitan karena sakit pelih (Sunda=testis).
Ternyata benar adanya dia sedang kesakitan yang nampaknya luar biasa sakitnya. Dengan beberapa pengalaman yang pernah Petir Fenomenal lihat, maka spontan Petir Fenomenal katakan bahwa itu adalah penyakit hernia (dugaan sementara). Dengan prinsip "penyakit jangan dianggap sepele" serta melihatnya tidak tega, maka Petir Fenomenal membawa kakak ipar tersebut ke dokter praktek terdekat.

Huwalah, ternyata setelah diperiksa oleh dokter, bukanlah penyakit hernia, tetapi radang buah zakar. Baru kali ini Petir Fenomenal mendengar penyakit itu. Penasaran, malam itu juga Petir Fenomenal mencari tahu tentang penyakit itu dengan bertanya kepada Mbah Google. Alhamdulillah terjawab, dari blognya dr. Didi Kusmarjadi, SpOG. Untung pemilik blog mempersilahkan untuk mengcopy paste isi blognya jika dianggap bermanfaat bagi yang lain, tapi aneh, mere tapi teu masihan (boleh tapi gak memberi, tidak bisa dicopy). Untung Petir Fenomenal cukup pengalaman dalam hal mensiasati copy mengcopy seperti itu. Hanya website milik Anne Ahira yang ampun Petir Fenomenal tidak bisa. Dan berikut ini ulasan ringkasnya.

Orchitis adalah proses inflamasi (peradangan) satu atau kedua biji testis (zakar), paling sering disebabkan/bersamaan dengan virus yang menyebabkan gondongan (mumps). Setidak-tidaknya 1/3 laki-laki yang terkena mumps setelah akil baligh akan terkena orchitis. 

Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri, termasuk didalamnya penyakit menular seksual (PMS = STD), seperti gonorrhea atau chlamydia. Orchitis bakterial, sering akibat dari epididymitis, suatu peradangan saluran sperma (epididymis). Gejala orchitis biasanya timbul mendadak, bisa berupa: pembengkakan testis, nyeri serta gejala infeksi secara umum seperti demam, mual-muntah, nyeri sendi serta gejala lokal lainnya seperti adanya duh tubuh (cairan dari penis) dan adanya darah dalam ejakulat.

Komplikasi orchitis bisa berupa: testis yang mengecil (atropi), abses (nanah) pada kantong testis, dan infertilitas (susah punya anak), terutama jika terkena kedua testis.

Pengobatan tergantung penyebab. Untuk yang disebabkan oleh virus, bertujuan menghilangkan gejala-gejala yang ada. Dokter akan memberikan obat anti nyeri/anti demam, obat anti peradangan non-steroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen. 

Dianjurkan bed rest, meninggikan posisi testis serta kompres dingin. Untuk yang disebabkan bakteri, selain obat-obatan di atas juga diperlukan pemberian antibiotika. Antibiotik yang biasa dipakai antara lain ceftriaxone, ciprofloxacin, doksisiklin, azithromycin dan kotrimoksazol.

Pastikan sebelumnya tidak ada alergi terhadap obat-obat dimaksud. Dan habiskan antibiotika yang diberikan walaupun gejala penyakitnya sudah mereda.

Saat ini sudah tersedia vaksin untuk mumps yaitu MMR (measles, mumps, rubella) dan MMRV (MMR plus varisela)(untuk usia 1-12 tahun).

Sumber: MayoClinic (dalam blog dr. Didi Kusmarjadi, SpOG.)
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Radang Testis Atau Buah Zakar ini diposting oleh Joy Johari pada hari Minggu, 20 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Radang Testis Atau Buah Zakar ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

31 komentar:

  1. ngeri bang bacanya. penyakit semacam ini bikin merinding buat laki-laki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali KANG, mudah-mudahan jangan sampai kita terkena penyakit seperti itu

      Hapus
  2. Perlu dicurigai tuh, dia jorok apa tidak ? Masalahnya bisa juga karena hubungan liar...

    BalasHapus
  3. terimakasih atas informasinya,kebteulan saya sedang mengalaminya,saya kira sebelumnya penyakit hernia setelah konsultasi ke dokter ternyata benar Evididimitis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bang, jika Abang konsultasi ke dokter stlh baca ini, maka saya senang tulisan ini ada manfaatnya. Ternyata sebenarnya cukup mudah untuk diobati penyakit tsb. kakak iparku besoknya 2 hari langsung sembuh.

      Hapus
    2. Sudah sembuh kah om?
      Gejala nya nyeri di buah zakar agak ats ya? Kalo saya yg kanan
      Kemarin sudah sembuh tpi ini kambuh lagi udh seminggu

      Om sembuh pake apa? Tolong resepnya dong om

      Hapus
  4. Bang 2 hari sembuh tu testis kanan juga kembali ke ukuran normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berhubung menyangkut kemaluan, dan yg menderita adalah org lain, maka saya tdk bisa memastikan yang sesungguhnya, tapi dari pengakuannya ketika sy tanya ia mengatakan sdh normal. Bisa saya lihat ia sehat kembali yakni dari aktivitasnya baru 2 hari berobat sudah langsung bekerja.

      Hapus
    2. Makan obat apa ya tolong infokan

      Hapus
  5. Beberapa bulan yang lalu saya pernah juga mengalami penyakit pembengkakan seperti ini. Mulanya 3 hari sebelumnya terjadi pembengkakan kelenjar di leher saya. Periksa ke dokter umum, saya di vonis kena Mumps /gondong, dan diberi obat, tapi bukannya sembuh, malah terjadi pembengkakan di testis saya sebelah kiri. Rasanya sakit sesakitnya, mau ngapa2in gak bisa. Apalagi itu pas akhir pekan, prakter dokter banyak tutup. Akhirnya nunggu sampai hari senin, dan saya datang ke Dokter spesialis penyakit dalam yang cukup terkenal di Yogyakarta bersama keluarga. Disini beliau menjelaskan, penyakit seperti ini (gondong) umumnya adalah penyakit yang biasa diderita anak kecil, namun apabila sewaktu kecil belum pernah kena gondong, dan menyerang Pria dewasa. Dan dampaknya adalah terjadi pembengkakan pada Testis, dan parahnya, jika tidak segera di obati, akan menyebabkan Impotensi (tidak bisa berdiri lagi). Saya & Istri sempat panik waktu itu (yang benar aja bro gak bisa bangun lagi?). Akhirnya setelah dijelaskan secara detail, saya pun menebus obat yang menurut saya cukup mahal (kira-kira 1,5 juta). Dan uniknya saya tidak boleh makan apapun sampai sembuh kecuali Es Krim! Konyol kedengarannya, orang sakit kok malah minum es? namun dokter itu menjelaskan, disaat orang yang menderita gondong usus nya tidak bekerja dengan normal, makanya untuk asupan energi saya diwajibkan minum Es krim. Alhamdulillah, 3 hari setelah berobat disana testis saya berangsur kembali keukuran normal hingga benar-benar pulih dalam 1 minggu. Masalahnya adalah, si otong masih bisa bangun gak? hehehe, Berkat istri saya yang lihai, si otong kembali normal dan siap tempur lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuihh....ini info tambahan yang sangat berharga, terima kasih Kang atas sharingnya, suatu saat mungkin ini bisa jadi petunjuk bagi orang lain yang mengalami namun tak tahu masalahnya. Berarti penyakit di atas (testis) bs juga disebabkan karena akibat gondong. Yang jelas, kini akang berhenti makan es krim dan tetap bisa memasukkan batang ekstrim ! Heehe...

      Hapus
    2. Assalamu Alaikum pak iqbal....

      saya juga sementra merasakan penyakit yang sama. Awalnya saya kira hernia.. (karna gejalan rada-rada mirip, kata orang klo testis membesar sebelah itu hernia/atu usus turun).

      Ternyata setelah saya tanyakan ke salah satu dokter, setelah diperiksa, di juga tidak bisa memberikan kesimpulan yang pasti.

      hanya saja pak dokter, berdasarkan hasil diagnosanaya bisa jadi saya mengalami salah satu dari berikut:
      - Hernia inpending
      - Orchitis
      - Posisi Testis yang berubah

      Klo saya boleh tau, obat apa yang pak Iqbal Corleone komsumsi? Bapak bisa menghubungi saya via tlp 085 343 854 984 atau via email farhanchaniago@gmail.com

      Best Regard,
      Farhan Chaniago

      Hapus
    3. Bapak Farhan Chaniago yth. agaknya pertanyaan Bapak utk Pak Iqbal ada kemungkinan lama akan terjawab bahkan mungkin saja tdk terjawab kecuali ada bisikan dari yang Maha Kuasa, karena Pak Iqbal tdk berkunjung kembali ke laman ini. Namun saya telah berupaya menghubungi Pak Iqbal via akun google (Klik nama Iqbal dalam komentar di atas).agar beliau berkunjung kembali membaca komentar Bapak. Saran saya, tetap Bapak datang ke dokter spesialis/umum yang lainnya utk berobat karena kakak saya juga berobat ke dokter umum yg praktek di puskesmas terdekat. Maaf, kemampuan dokter dlm mendiagnosa mempunyai kelemahan masing2.
      Terima kasih, semoga penyakit Bapak lekas sembuh
      Salam

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kembali Mba Indri. Sepertinya penyakit suami Mba belum total sembuh, tentu saja itu harus periksa kembali ke dokter utk menyampaikan keluhannya.

      Hapus
  7. Bang joy, sodaranya sembuh minum obat apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat dari dokter umum, dia berobat ke dokter praktek

      Hapus
  8. Sudah 2 bulan orchitisnya belum sembuh, sudah minum antibiotik, tiampenicol 2 minggu, ciprofloaxin 3 minggu, ganti lagi antibiotik tpi tdk tahu namanya slama 3 minggu ini,trus sperma malah mengerak di cd apakah itu abses ? Nyerinya masih ada sedikit,Benjolannya belum kempes juga, jenis obatnya apa ya bang joy untuk orchitis ,sebelumnya kena epididimitis.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Aria, saya waktu itu yg mendampingi menerima obatnya dari dokter, tapi saya betul2 tdk memperhatikan dan tdk mengingatnya, jdi tdk hafal. Saran saya Kang Aria jangan ragu2 datang ke dokter untuk periksa lagi dan ungkapkan semua keluhan. Tq.

      Hapus
  9. Testis saya keduanya mengecil, apakah bisa di sembuhkan dan kembali normal kembali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata mengecil, itu artinya sebelumnya keadaannya besar lalu mengecil. Betulkah begitu? Kalau betul begitu, coba periksakan ke dokter. Saya bukan dokter, jadi tdk bisa menjawab pasti Mas. Tapi jika sejak awal memang sudah kecil, saya kira tdk usah khawatir sepanjang tdk ada gangguan fungsi dari alat vital kita.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Pak Victoria, saya bukan dokter, hanya tulisan yang saya ambil dari tulisan seorang dokter. Jadi, saya sbg pemilik situs ini tdk bisa jawab atas pertanyaan Bapak. Namun sbg sesama, saya punya saran sebaiknya Bapak periksa/tanya ke dokter spesialis kelamin.

      Hapus
  11. Blog bapak sangat membantu bagi saudara2 kita yg sedang terkena musibah, saya pernah mengalami hal yg sama pak. Saya berusia 24 tahun, saya ingin sharing tentang obat2an yg kiranya bisa membantu saudara2 yg lain. Saya periksa ke dokter urologi, saya dikasih 2 macam obat. Pertama Nutriflam dan kedua astria. Untuk nutriflam dikonsumsi 3x1 sehari sedangkan Astria dikonsumsi sehari sekali. Semoga pengalaman saya bisa membantu saudara2 yg sedang terkena musibah. Semoga lekas sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Ini info tentang obat yg sangat bermanfaat bagi yang memutuhkan, semoga benar Mas anonim ! Gk sesat kan, heheh...

      Hapus
  12. Salam semua kebetulan saat ini sy sdg mngalami hal yg sama testis sebelah kiri sy agak bengkak dan sakit jika diraba,yg lbh sakit lg perut bagian kiri paling bawah kl dipakai duduk agak sakit,sebelumnya sakit ini sy sempat minum sprite dlm keadaan perut kosong stelah habis 1 botol lgsung testis sy dan perut bagian bwh sy sakit,udh 2 hr blm ada tanda membaik,saat ini sy mngkonsumsi ibuprofen pereda nyeri,stelah minum obat ini nyeri hilang sesaat tp bbrp jam kmudian sakit lg....sy blm ke dokter sih mngingat kemampuan ekonomi sy membuat sy takut ke dokter..kira2 sy ini kena sakit testis atau lambung luka krn minum sprite perut kosong tadi? Lalu apa ada hubungannya ke testis? Mngkin ada yg mw kasi pencerahan....trimakash

    BalasHapus
  13. Selamat Pagi, perkenalkan saya danang perwakilan Mahkota Medical Centre melaka malaysia. kami adalah salah satu perwakilan di indonesia. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami
    4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    5. Membantu claim Asuransi.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami….
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 – Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  14. Malam pak...buah zakar saya ada benjolan bagian bawah...dokter bilang bukan hernia tapi radang...satu minggu saya minum obat dari dokter tapi gak ada reaksinya...kira kira obat apa yg bisa menyembuhkan penyakit saya

    BalasHapus
  15. Malam pak...buah zakar saya ada benjolan bagian bawah...dokter bilang bukan hernia tapi radang...satu minggu saya minum obat dari dokter tapi gak ada reaksinya...kira kira obat apa yg bisa menyembuhkan penyakit saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bang.. saya udah berobat seminggu tapi masih bengkak dan sakit... maaf bang.. orchitis abang sembuh berqpa hari?

      Hapus
    2. Kebetulan anak saya mengalaminnya sekarang umur anak saya sekarang 1,3 tahun tindakannya seperti apa ya sdh 1 minggu ini anak saya nangis terus sdh saya bawa ke rumah sakit sdh di USG kata dokter bedah liat dulu blm di ambil tindakan saya melihat anak saya gak tega kira2 solusinya apa dan obatnya apa ya buat anak balita mohon sarannya bang Terima kasih banyak

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !

http://petir-fenomenal.blogspot.com/p/pesan-kalakat-dimsum-serang.html
Banner santri

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Halaman

Komentar Teranyar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal