Kisah Sunan Bonang Adu Sakti dengan Pendeta Syam - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » , » Kisah Sunan Bonang Adu Sakti dengan Pendeta Syam

Kisah Sunan Bonang Adu Sakti dengan Pendeta Syam

Ditulis Oleh Joy Johari pada Senin, 06 Juli 2015 | 04.40

Kisah Sunan Bonang Adu Sakti dengan Pendeta Syam . Asal usul Sumur Srumbung: Sumur Srumbung yang terletak di komplek makam Sunan Bonang Tuban, Jawa Timur, konon punya cerita yang luar biasa. Sampai saat ini, banyak orang-orang berziarah ke makam Sunan, merasa ada yang tidak lengkap jika tak mampir ke Sumur Srumbung. 

Makam Sunan Bonang (gbr. dari merdeka.com)
Cerita sumur yang terletak 300 meter dari makam itu, bermula dari adu kesaktian Sunan Bonang dengan pendeta dari negeri seberang. Pendeta tersebut merasa tertantang dengan kabar kesaktian Sunan Bonang yang masyhur.
“Sunan Bonang sejak masa mudanya kan terkenal seantero jagad, sampai luar negeri. Ada pendeta terkenal entah dari Muangthai atau negeri Syam sana. Pendeta itu juga terkenal, kemudian dia mendengar keterkenalan Sunan Bonang. Akhirnya dia ingin mengadu ilmu dan kesaktian”, begitu kata Juru Kunci Makam Sunan Bonang, Abdul Muchith (menurut situs sumber).
Kemudian pendeta tersebut berlayar mencari Sunan Bonang. Bersama beberapa pengawal, dia membawa bekal perjalanan, dan kitab-kitab sucinya. Kitab-kitab tersebut rencananya akan digunakannya untuk berdebat dengan Sunan Bonang. Namun sesampainya di tengah perjalanan, cuaca seketika memburuk. Guntur datang, langit gelap, hujan deras. Ombak meremukkan perahu pendeta tersebut. Perahunya karam. Otomatis bekal dan kitab-kitabnya juga tenggelam.
Pendeta itu terdampar ke Pesisir Tuban. Akhirnya pendeta itu bertemu dengan Sunan Bonang.
Dengan merahasiakan identitasnya, Sunan Bonang bertanya kepada pendeta tersebut tentang asal usulnya. Sang pendeta pun bercerita perjalanannya yang mengerikan. Dia menyatakan keinginannya untuk mengadu kesaktian dan ilmu pengetahuan kepada Sunan Bonang.
Sunan Bonang setuju dan siap untuk mengadu ilmu namun pendeta itu menolak lantaran semua kitab-kitabnya telah tenggelam. Dia berjanji jika kitabnya ditemukan dia siap adu tanding dengan Sunan Bonang.
Akhirnya Sunan Bonang menancapkan ujung tongkatnya ke tanah. Keluarlah air beserta kitab-kitab pendeta itu. Tentu saja sang pendeta heran, lalu dia pun bertanya, tentang siapa orang yang sedang berhadapan dengannya.
Sunan Bonang menjawab-mengatakan bahwa dirinya adalah murid Sunan Bonang. Pendeta tersebut tidak tahu bahwa yang berbicara dengannya adalah Sunan Bonang. Jawaban Sunan Bonang malah membuat pendeta tersebut gemetar ketakutan karena terkejut murid Sunan Bonang mempunyai kesaktian sebesar itu. Pendeta itu berpikir pasti seseorang yang bernama Sunan Bonang punya kesaktian yang lebih tinggi lagi.
Kemudian pendeta tersebut meminta ampun dan meminta agar permohonan maafnya disampaikan pada Sunan Bonang. Selang beberapa lama barulah sang pendeta mengetahui sendiri bahwa pemuda tadi adalah Sunan Bonang, akhirnya pendeta tersebut meminta agar dirinya diangkat menjadi murid dan masuk Islam.
Kini air yang memancar dari kesaktian Sunan Bonang itu dikenal sebagai Sumur Srumbung. Air tersebut dipercaya para peziarah dapat memberikan berkah. Menurut Juru Kunci Makam Sunan Bonang, sampai sekarang walaupun di tepian laut, airnya tawar. Banyak pengunjung yang datang mengambil air.
Sumber Referensi : merdekadotcom
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Kisah Sunan Bonang Adu Sakti dengan Pendeta Syam ini diposting oleh Joy Johari pada hari Senin, 06 Juli 2015. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Kisah Sunan Bonang Adu Sakti dengan Pendeta Syam ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

2 komentar:

  1. mantap gan infonya
    sangat menarik nyimak nya
    thanks gan sukses terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASS..WR.WB…SAYA IBU MINA TKI MALAYSIA
      HAL YANG TIDAK PERNAH TERBAYANGKAN KINI MENJADI KENYATAAN DENGAN KELUARGA SAYA,,, UNTUK AKI SAKTI KAMI UCAPKAN BANYAK TERIIMA KASIH KARNA BERKAT BANTUAN AKI ALHAMDULILLAH KELUARGA KAMI BISA LEPAS DARI HUTANG DAN MASALAH .KARNA NOMOR GHOIB UNTUK PASANG TOGEL ( TOTO ) .HASIL RITUAL AKI, ( 4D) BETUL-BETUL MERUBAH NASIB SAYA HANYA SEKEJAP,DAN DISINILAH SAYA BERKESEMPATAN KUMPULKAN UANG SEBESAR (700-JUTA ) UNTUK BUKA USAHA KEMBALI UNTUK KEBUTUHAN SEHARI-HARINYA.KARNA AKU INGIN BERTAHAN HIDUP SAMPAI SEKARANG.. DULUNYA HANCUR JATUH MISKIN DAN ORG-ORG DI SEKELILING DAERAH KAMI SUDAH PANDANG SANGAT RENDAH,,KARNA GK PUNYA APA-APA LAGI,BAIK RUMAH SUDAH DI SITA,,WARUNG MAKAN SUDAH BANGKRUT,,,TAPI SEMUA ITU AKU MASIH TETAP BERTAHAN HIDUP DENGAN ANAK DAN SUAMIKU,,WALAU CUMAN KONTRAK..AKI SAKTI ORANG PALING BERSEJARAH KPD KELUARGAKU, INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA HUBUNGI 082_349_535_132 HARAPAN DAN IMPIAN AKU INGIN BERKUNJUNG DI PONDOK AKI UNTUK SITURAHMI AMINNN,,,,AMINNNN..AMINNNNNN…!!!

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !

http://petir-fenomenal.blogspot.com/p/pesan-kalakat-dimsum-serang.html
Banner santri

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Halaman

Komentar Teranyar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal