Cara Mengganti/Mengedit Beberapa Kata dalam Tulisan Satu Kali Ketik - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Cara Mengganti/Mengedit Beberapa Kata dalam Tulisan Satu Kali Ketik

Cara Mengganti/Mengedit Beberapa Kata dalam Tulisan Satu Kali Ketik

Ditulis Oleh Joy Johari pada Selasa, 12 November 2013 | 23.29

Cara Mengganti/Mengedit Beberapa Kata dalam Tulisan Satu Kali Ketik . Membuat judul tulisan ini gampang-gampang susah, karena saya memikirkan kata kunci agar pencari mudah mendapatkannya. Tulisan tutorial ini dimaksudkan bagi teman-teman yang yang belum tahu. Bagi mereka yang basic-nya TIK tentunya tak asing lagi, pasti tahu. Tapi saya yakin lebih banyak yang belum tahunya daripada yang sudah tahu. Tulisan ini dibuat terinspirasi dari anak teman yang sedang menyusun skripsi di rumahnya. Ia mengcopy paste skripsi PTK milik kakaknya untuk dikompilasi ke dalam skripsi yang ia susun. Ketika ia mengganti kata teknik dengan kata media, ia lakukan dengan cara mengeditnya halaman demi halaman. Sedangkan kata teknik tersebut hampir terdapat dalam setiap halaman di bab 1, 2 dan 3.

Cara di atas sangat tidak efektif dan efisien. Karena membutuhkan waktu lama dan ketelitian mata dalam mencari kata yang akan diganti tersebut. Dengan cara itu, belum tentu semua tergantikan dengan akurat, biasanya masih ada saja yang terlewat karena kita kurang teliti.
Nah, bagaimanakah caranya mengganti kata yang jumlahnya banyak itu menjadi kata yang lain dengan cara serentak? Maksudnya dalam satu kali ketik semua kata berubah sesuai yang kita inginkan. Ini penting bagi para mahasiswa yang akan menyusun skripsi. Atau para admin kantor yang akan membuat program tahunan yang programnya masih sama, mungkin hanya cukup mengganti tahunnya saja, dan sebagainya. Mari ikuti tutorialnya berikut ini.
Perhatikan teks yang ada pada screenshot di bawah ini !
Kertas kerja dalam monitor
Jika Anda ingin mengganti kata mengganti (warna merah) menjadi kata merubah, maka silahkan salah satu kata mengganti tersebut diblock dulu (klik 2x kata tersebut bagian mana saja). Kemudian langsung klik CTRL+H (kontrol ha) secara bersamaan. Maka akan muncul menu seperti ini.
Tampilan setelah kata diblok dan klik CTRL+H (kotak atas sudah terisi otomatis
Biasanya kata yang akan diganti sudah tercantum di dalam kotak isian bagian atas. Kalau belum, silahkan ketik saja sendiri dengan kata mengganti. Selanjutnya kotak isian bagian bawah tuliskan kata penggantinya (misal dengan kata merubah). Lihat gambar bertanda panah !
Selanjutnya silahkan klik Replace All. Nanti akan muncul menu berikut, klik YES. 
Ketika muncul lagi gambar atau tampilan berikut, klik OK, dan muncul lagi tampilan lain klik CLOSE.
Klik OK

Klik CLOSE
Silahkan lihat hasilnya, semua kata mengganti berubah menjadi merubah.
Sekian saja, mudah bukan? Hanya berbagi, semoga bermanfaat.
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Cara Mengganti/Mengedit Beberapa Kata dalam Tulisan Satu Kali Ketik ini diposting oleh Joy Johari pada hari Selasa, 12 November 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Cara Mengganti/Mengedit Beberapa Kata dalam Tulisan Satu Kali Ketik ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

3 komentar:

  1. Trimakasih tutorial'y sangat membantu.. oiya ini pake aplikasi office microsift word 2010 yah...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh,ya maaf saya tdk menjelaskan office apa yg digunakan baik di deskripsi maupun pada judul. Judul sdh kepanjangan shg tdk bisa di tampung di space slide (yang muncul cuma "cara').
      Skrg ini sy menggunakan office microsoff word 2007, tapi saya sdh mencoba di mw 2013 bisa. Maka saya yakin mw 2010 pun bisa. Terima kasih Kang Arip telah berkunjung, bahkan join this site

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !

http://petir-fenomenal.blogspot.com/p/pesan-kalakat-dimsum-serang.html
Banner santri

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Halaman

Komentar Teranyar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal