Cara Membuat Kembang Tahu - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Cara Membuat Kembang Tahu

Cara Membuat Kembang Tahu

Ditulis Oleh Joy Johari pada Senin, 06 Mei 2013 | 01.10

Cara Membuat Kembang Tahu . Sebelum kepada cara membuat kembang tahu, saya akan curhat dulu, bahwa materi cara membuat kembang tahu ini diambil dari sebuah situs datapendidikan[dot]blogspot[dot]com. Sedangkan, inti yang ingin disampaikan dalam artikel ini sebenarnya adalah berita tentang pabrik baru yang memproduksi kembang tahu di kecamatan Petir. Tepatnya di Kampung Lembur Jati RT 11/03 Desa Mekar Baru Kecamatan Petir Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Letaknya kurang lebih 700 m dari Jalan Raya Serang-Cikeusal ke arah selatan. Pemiliknya adalah Bapak Ahmad Mudzakir, seorang Sekretaris Desa (PNS).

Pabrik ini diresmikan pada tanggal 7 April 2013. Dengan adanya pabrik ini, berarti semakin menambah panjang derap langkah dan geliat perkembangan kecamatan Petir. Untuk diketahui, bahwa kecamatan Petir cukup banyak memiliki lokasi dan jenis usaha masyarakat (home industri).

Apakah yang dimaksud kembang tahu? Kembang tahu adalah lembaran tipis protein kedelai yang telah dikeringkan. Lembaran tipis ini diperoleh dari permukaan susu kedelai panas. Pembuatannya cukup mudah dan biayanya tidak mahal. Jika diproduksi sebagai home industri (komoditi industri), sebenarnya biayanya mahal karena alat-alatnya ini cukup mahal.
  • BAHAN-BAHAN
1. Kedelai
2. Air
  • PERALATAN
1. Penggiling kedelai. 
2. Wadah perendam kedelai
3. Kain saring 
4. Panci 
5. Wajan pemanas susu kedelai
  • CARA PEMBUATAN
1.    Pembuatan Susu Kedelai
a.   Pembersihan dan pencucian
Biji dibersihkan dari kotoran, kerikil, pasir potongan ranting dan batang kedelai. Biji rusak, hitam dan berkapang harus dibuang. Setelah itu biji dicuci sampai bersih. Kotoran dan biji yang mengapung harus dibuang. Pencucian dilakukan sampai air bilasan tambah jernih.
b.   Perendaman
Biji yang telah dicuci direndam didalam air selama 8 jam. Air diganti-ganti setiap 2 sampai 3 jam. Setelah itu, kedelai ditiriskan.
c.   Perebusan
Kedelai dimasukkan ke dalam air mendidih. Hal ini menyebabkan suhu air turun. Atur besar api sehingga suhu bertahan antara 85 sampai 90°C. Perendaman di dalam air panas ini berlangsung selama 10 menit. Setelah itu, kedelai diangkat dan didinginkan dengan air mengalir, kemudian ditiriskan.
d.   Penyiapan air panas
Air bersih dipanaskan sampai suhunya 90°C. Jumlah air adalah 6 kali berat kedelai kering. Suhu air ini dipertahankan selama pekerjaan berlangsung. Ke dalam air panas ini ditambahkan bubuk CaCo3 (0,5 gram untuk tiap liter air panas).
e.   Penggilingan
Biji kedelai dihaluskan dengan blender, atau digiling denan mesin penggiling sampai menjadi bubur kedelai. Penggilingan dilakukan sambil ditambahkan air panas. Jika air panas yang disediakan tidak habis utnuk menggiling kedelai, sisa air dicampurkan denan bubur kedelai, kemudian diaduk-aduk selama 3 menit.
f.    Penyaringan
Bubur kedelai disaring dan diperas dengan kain saring rangkap dua. Cairan yang diperoleh disebut sebagai susu kedelai mentah.

Pemanasan Lapisan Tipis Bagian Permukaan
2.   Pembuatan Lapisan Tipis Kering
a.   Pemanasan
Susu kedelai mentah dimasukkan ke dalam wadah pemanas. Susu dipanaskan sampai suhu 90°C sambil diaduk-aduk. Busa yang terbentuk dibuang. Ketika suhu mencapai 90°C. Pada saat itu, susu tidak boleh lagi diaduk.
b.   Pengambilan Lapisan Tipis
Lapisan tipis akan terbentuk di permukaan cairan. Setelah lapisan tersebut merata di seluruh permukaan susu, lapisan diambil dengan menggunakan lidi yang tebal, atau bilah bambu.

Lapisan tipis kembang tahu yang sudah diangkat
c.   Penjemuran
Lapisan tipis tersebut kemudian dijemur sampai kering dengan menggantungnya bersama dengan lidi atau bambu yang digunakan tadi.
d.   Pengemasan 
      Kembang tahu yang sudah kering dapat dikemas di dalam kantong atau kotak plastik.

Berikut ini Video cara mengangkat lapisan tipis kembang tahu. Silahkan tonton videonya :


Terima kasih, semoga bermanfaat.

Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Cara Membuat Kembang Tahu ini diposting oleh Joy Johari pada hari Senin, 06 Mei 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Cara Membuat Kembang Tahu ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Laman

Komentar Teranyar

Google+ Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal