Penetapan Hari Sastra Indonesia - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » , » Penetapan Hari Sastra Indonesia

Penetapan Hari Sastra Indonesia

Ditulis Oleh Joy Johari pada Senin, 25 Maret 2013 | 01.34

Penetapan Hari Sastra Indonesia . Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti, menetapkan 3 Juli sebagai “Hari Sastra Indonesia” (HSI) pada hari Minggu 24 Maret 2013 di SMA 2 Bukit Tinggi, Sumatera Barat, yang dahulu disebut Sekolah Radja atau Kweekschool, tempat bersemainya sastra modern Indonesia dan lahirnya sastrawan Poedjangga Baroe.. Tanggal 3 Juli dipilih berdasarkan hari kelahiran sastrawan terkemuka Indonesia, Abdoel Moeis yaitu pada 3 Juli 1883. Abdoel Moeis yang lahir di Bukittinggi melahirkan karya fenomenal, antara lain Salah Asuhan. Karya-karyanya yang lain adalah Pangeran Kornel dan Surapati. Abdoel Moeis yang aktif dalam pergerakan nasional di zaman perjuangan kemerdekaan adalah Pahlawan Kemerdekaan Nasional Pertama, yang diberikan oleh Presiden Soekarno pada 30 Agustus 1959.

Selain Abdoel Moeis, Indonesia memiliki sastrawan terkemuka. Mereka adalah Hamzah Fansuri, Ronggowarsito, Marah Rusli, Rustam Effendi, Nur Sutan Iskandar, Sutan Takdir Alisjahbana, HB Jassin, Umar Kayam, Mochtar Lubis, Chairil Anwar, Pramoedya Ananta Toer, Rosihan Anwar, Hamka, Amir Hamzah, AA Navis, Ali Hasjmy, Asrul Sani, Rendra, Wisran Hadi, Hamid Jabbar, dan masih banyak lagi.
Suasana auala SMA 2 cukup mengagumkan, karena dihadiri 70 sastrawan terkemuka tanah air; diantaranya Ahmad Tohari, Fakrunnase Ma Jabbar, Budi Darma, Izbedy Setiawan, Darman Moenir, Helvy Tiana Rossa, Akmal Naser Basral, Joni Ariadinata, Jamal D. Rahman, LK Araw, Damiri Mahmud, Yusrizal KW.
Pembacaan Maklumat HSI oleh perwakilan sastrawan, Upita Agustin disaksikan pula oleh para tokoh Nasional asal Bukit Tinggi seperti mantan Menkokesra Azwar Anas, sejjarawan Taufik Abdullah, Gubernur Sumbar, dan walikota Bukit Tinggi.Mereka mendukung penetapan HSI ini, karena Abdoel Moeis adalah pahlawan Nasional pertama yang dikukuhkan Bung Karno pada 1959. 
Taufik Ismail yang merupakan salah seorang penggagas, seperti disampaikan Panitia Kecil Persiapan Maklumat Hari Sastra Indonesia di Jakarta, Senin (18/3/2013), mengemukakan bahwa untuk selanjutnya Hari Sastra Indonesia akan diperingati setiap 3 Juli.
Dengan adanya Penetapan Hari Sastra Indonesia ini, mari kita berseru, horeeee...!
Dikompilasi dari berbagai sumber.
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Penetapan Hari Sastra Indonesia ini diposting oleh Joy Johari pada hari Senin, 25 Maret 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Penetapan Hari Sastra Indonesia ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

http://petir-fenomenal.blogspot.com/p/pesan-kalakat-dimsum-serang.html
Banner santri

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Halaman

Komentar Teranyar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal