Lesson Study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui
pengkajian pembelajaran secara kolaboratif, dan berkelanjutan
berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk
membangun komunitas belajar. Lesson Study bukan metode atau strategi
pembelajaran tetapi kegiatan Lesson Study dapat menerapkan berbagai
metode/strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan
permasalahan yang dihadapi guru.
Dua manfaat Lesson Study adalah :
Dua manfaat Lesson Study adalah :
Pertama, merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar siswa,
Kedua, mempercepat pematangan, pendewasaan bagi guru pemula. Menjadikan
guru lebih profesional dan inovatif bagi guru-guru senior
Implementasi Lesson Study yang dilakukan oleh IMSTEP-JICA di Indonesia, menerapkan tiga langkah, yaitu :
Implementasi Lesson Study yang dilakukan oleh IMSTEP-JICA di Indonesia, menerapkan tiga langkah, yaitu :
PLAN, merencanakan pembelajaran dengan penggalian
akademis pada topik dan alat-alat pembelajaran yang digunakan.
DO,
melaksanakan pembelajaran yang mengacu pada rencana pembelajaran dan
alat-alat yang disediakan, serta mengundang rekan-rekan sejawat untuk
mengamati, serta
SEE, melaksanakan refleksi melalui berbagai
pendapat/tanggapan dan diskusi bersama pengamat/observer pasca
presentasi mengajar.
Di Indonesia, cikal bakal Lesson Study dimulai sejak tahun 1998 dengan nama Regional Education Development and Improvement Program (REDIP) dan Inservice Mathematics and Science Teacher Education Program (IMSTEP). REDIP lebih fokus kepada peningkatan manajemen pendidikan dan IMSTEP kepada peningkatan mutu pendidikan melalui pendekatan Lesson Study. Pada tahun 2006 IMSTEP berubah nama menjadi Program for Strengthening In-service Teacher Training for Science and Mathematics (SISSTEMS), yaitu Program Penguatan Pelatihan Guru IPA dan Matematika.
Awalnya SISTTEMS membidik seluruh guru IPA dan Matematika tingkat SMP di tiga kabupaten. Model Pengembangan Sekolah Berbasis Masyarakat (PSBM) diimplementasikan di seluruh SMP di Brebes dan Pekalongan serta Kota Bitung di Sulawesi Utara. Khusus tahun 2009 ini, program kerja sama teknis ini berubah nama menjadi PELITA yang berkonsentrasi pada dua hal pokok di atas.
Di Indonesia, cikal bakal Lesson Study dimulai sejak tahun 1998 dengan nama Regional Education Development and Improvement Program (REDIP) dan Inservice Mathematics and Science Teacher Education Program (IMSTEP). REDIP lebih fokus kepada peningkatan manajemen pendidikan dan IMSTEP kepada peningkatan mutu pendidikan melalui pendekatan Lesson Study. Pada tahun 2006 IMSTEP berubah nama menjadi Program for Strengthening In-service Teacher Training for Science and Mathematics (SISSTEMS), yaitu Program Penguatan Pelatihan Guru IPA dan Matematika.
Awalnya SISTTEMS membidik seluruh guru IPA dan Matematika tingkat SMP di tiga kabupaten. Model Pengembangan Sekolah Berbasis Masyarakat (PSBM) diimplementasikan di seluruh SMP di Brebes dan Pekalongan serta Kota Bitung di Sulawesi Utara. Khusus tahun 2009 ini, program kerja sama teknis ini berubah nama menjadi PELITA yang berkonsentrasi pada dua hal pokok di atas.
Ref : p2tkdikdas.kemdikbud.go.id
0 komentar:
Silahkan Tinggalkan Komentar, Perhatikan ketentuannya !