Makam Penziarahan Ki Angga Derpa Kapal Bosok Curug - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » , , , » Makam Penziarahan Ki Angga Derpa Kapal Bosok Curug

Makam Penziarahan Ki Angga Derpa Kapal Bosok Curug

Ditulis Oleh Joy Johari pada Minggu, 16 Juli 2017 | 04.47

Makam Penziarahan Ki Angga Derpa Kapal Bosok Curug . Sebelumnya saya pernah menulis artikel di blog ini pada Januari 2013 dengan judul “ Asal-Usul Nama Makam Kapal Bosok ”. Namun cerita itu tidak bisa sepenuhnya dipercaya atau dijadikan rujukan, sebab sumbernya dari mulut ke mulut dan terdapat beberapa versi. Saya berjanji jika sudah menemukan sumber yang bisa bertanggungjawabkan keabsahannya, saya akan posting ulang di sini (Insya Allah).

Saat cerita itu ditulis, lahan makam kapal bosok yang diyakini di dalamnya terdapat kuburan seorang tokoh besar itu, masih berbentuk lahan lapang yang lebat dengan pohon semak-semaknya. Namun kini, 4 tahun kemudian area makam kapal bosok ini sudah jauh berbeda. Di atas kuburan Syekh Abdullah Angga Derpa (Ki Angga Derpa) sudah diberi ciri permanen berbentuk dinding dan ditutup dengan kain merah putih dengan ukuran kurang lebih tinggi 1,5 m x lebar 2,5 meter. Bukan hanya itu, ternyata area yang termasuk tanah wakaf itu sudah dibatasi dengan pagar permanen, dan di dalamnya terdapat macam-macam bangunan salah satunya adalah bangunan berbentuk kapal laut yang cukup unik. 

Terang saja, tempat ini seketika langsung menjadi viral di medsos sehingga ramai dikunjungi orang dari berbagai daerah. Nah, postingan ini tidak akan membahas lagi apa sih Kapal Bosok itu, namun hanya akan memperlihatkan bagaimana pemandangan yang ada sekarang. Berikut gambar-gambar yang sempat saya jepret di sore hari itu, 15 Juli 2017.

Jalan dari Kampung menuju lokasi diperbaiki

Tempat penziarahan

 

Bangunan berbentuk kapal, dilihat dari depan
Bagi saya tidak begitu kesulitan untuk mengorek informasi apa pun terkait dengan pembangunan makam ini, sebab beberapa dari pengelolanya sudah kenal betul. Salah satunya yang berfoto bareng dengan saya di atas.
Bagian depan Kapal
 
Pemandangan di depan kapal
Di luar pagar terdapat tempat parkir dan para pedagang















Gambar Kapal dilihat dari jarak agak jauh
Kuburan Ki Angga Derpa

  
Bagian-Bagian lantai kapal dijadikan tempat shalat khusus laki-laki
Kapal Bosok, dilihat dari samping   



Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Makam Penziarahan Ki Angga Derpa Kapal Bosok Curug ini diposting oleh Joy Johari pada hari Minggu, 16 Juli 2017. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Makam Penziarahan Ki Angga Derpa Kapal Bosok Curug ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Halaman

Komentar Teranyar

Google+ Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal