Insomnia Meningkatkan Resiko Kematian - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Insomnia Meningkatkan Resiko Kematian

Insomnia Meningkatkan Resiko Kematian

Ditulis Oleh Joy Johari pada Minggu, 15 Desember 2013 | 01.01

Ilustrasi : merdeka.com@2013
Insomnia Meningkatkan Resiko Kematian
.
Saya seperti biasa setiap malam berselancar di dunia maya untuk mencari informasi penting dan apa saja yang menarik untuk dibaca. Tiba-tiba mata ini melihat sebuah judul di merdeka.com “Insomnia Bisa Meningkatkan Resiko Kematian pada Pria” Haaah…!! Takut rasanya saya mengetahuinya. Karena saya justru termasuk orang yang mengalami insomnia  sudah puluhan tahun.  Untuk pelariannya pasti internet, googling dan ngeblog. Di situ saya menemukan kepuasan tertentu. Namun di situlah justru ketidakbisatiduran semakin kuat, karena ada unsur interest.
Apakah Anda juga tergolong orang-orang yang susah tidur di malam hari atau insomnia? Sebaiknya mulai saat ini kita berhati-hati. Coba baca di bawah ini.
Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim dari Universitas Harvard dan Brigham serta Rumah Sakit Wanita, menyisakan hasil yang cukup mencengangkan, yaitu orang yang menderita insomnia bagi pria dapat meningkatkan resiko kematian, seperti yang dilansir Softpedia (23/11/2013).
Kurang tidur dapat meningkatkan resiko penyakit kardovaskular pada pria lebih dari 55 persen. Hal ini didasarkan pada 23.447 pria insomnia. Karena penelitian ini dilakukan selama 6 tahun lamanya, maka sekitar 2000 orang meninggal selama penelitian.
Peneliti memaparkan bahwa pria yang mengalami insomnia akan beresiko 25 persen lebih tinggi dibandingkan pria yang dapat tidur secara normal. Mereka percaya resiko ini disebabkan oleh meningginya tingkat peradangan, atau gangguan dalam fungsi endokrin.
Kesimpulan yang disajikan dari penelitian ini sangat mengkhawatirkan, pasalnya hampir seperti dari seluruh penduduk Amerika Serikat terjangkit mengalami insomnia. Penemuan baru ini sekarang bisa membantu menginformasikan publik untuk mempromosikan pola tidur yang sehat.
Lantas apakah Anda termasuk orang yang insomnia?
Ya, Allah…semoga Engkau mengampuni dosa-dosa dan kesalahanku. Sembuhkan kami semua yang insomnia, amin.
Catatan : Sistem endokrin adalah sekumpulan kelenjar dan organ yang memproduksi dan mengatur hormon dalam aliran darah untuk mengontrol banyak fungsi tubuh. Sistem ini tumpang tindih dengan sistem syaraf dan eksokrin dan tanggung jawabnya meliputi metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan seksual.
Kelenjar utama dari sistem endokrin adalah pituitari, hipotalamus, dan pineal yang terletak di otak, tiroid dan paratiroid di leher, timus, adrenal dan pankreas di perut, dan gonad, indung telur atau testis di perut bagian bawah. Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar tersebut terlalu banyak dan rumit untuk didaftar. Kelenjar pituitari sering disebut sebagai “kelenjar utama” karena mengontrol fungsi anggota lain dari sistem endokrin. Kelenjar pineal membuat melatonin, yang memutuskan kita harus tidur ketika gelap dan terbangun ketika cahaya muncul. Pankreas menghasilkan insulin yang memutuskan berapa banyak gula yang harus beredar dalam darah kita. 
Sistem endokrin adalah salah satu yang menentukan siklus tubuh kita. Sebagai contoh, kita memiliki siklus reproduksi, siklus tidur, dan siklus nutrisi. Kita tidak perlu makan di interval sempurna untuk memiliki pasokan energi yang tetap. Kita juga tidak memiliki tingkat kesuburan yang sama sepanjang hidup kita (http://kamuskesehatan.com/arti/sistem-endokrin/).
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Insomnia Meningkatkan Resiko Kematian ini diposting oleh Joy Johari pada hari Minggu, 15 Desember 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Insomnia Meningkatkan Resiko Kematian ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

http://petir-fenomenal.blogspot.com/p/pesan-kalakat-dimsum-serang.html
Banner santri

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Halaman

Komentar Teranyar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal