Pengertian Sudut Pandang dalam Cerpen - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Pengertian Sudut Pandang dalam Cerpen

Pengertian Sudut Pandang dalam Cerpen

Ditulis Oleh Joy Johari pada Selasa, 28 Mei 2013 | 00.29

  Pengertian Sudut Pandang dalam Cerpen
Sudut pandang disebut juga pusat narasi adalah penentu gaya dan corak cerita. Watak dan kepribadian pencerita akan banyak menentukan cerita yang dituturkan kepada pembaca. Keputusan pengarang dalam menentukan siapa yang akan menceritakan kisah menentukan apa yang ada dalam cerita. Jika pencerita berbeda, detail-detail cerita yang dipilih juga berbeda (Heri Jauhari, 2013 : 54). 
Dari 4 jenis sudut pandang, ada yang salah satu jenisnya adalah “Narator Aktif (Author Participant)”. Narator turut mengambil bagian dalam cerita. Terkadang mengambil posisi sebagai tokoh utama. Hal ini terlihat dalam penggunaan kata ganti orang pertama (aku, saya, kami). Dengan demikian, narator hanya dapat melihat dan mendengar kebiasaan orang lain saja. Narator tidak dapat membaca pikiran tokoh lain kecuali dari penafsiran perilaku dan fisiknya (Heri Jauhari, 2013 : 55).
Gambar Ilustrasi : dari Google

Pengertian Sudut Pandang dalam Cerpen ini dikutip dari buku "Terampil Mengarang dari Persiapan Hingga Presentasi dari Karangan Ilmiah Hingga Sastra" karangan Heri Jauhari, 2013. Bandung : Nuansa Cendekia.
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Pengertian Sudut Pandang dalam Cerpen ini diposting oleh Joy Johari pada hari Selasa, 28 Mei 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Pengertian Sudut Pandang dalam Cerpen ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Laman

Komentar Teranyar

Google+ Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal