Motivasi Bersedekah Dari Sahabat Rasulullah SAW. - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Motivasi Bersedekah Dari Sahabat Rasulullah SAW.

Motivasi Bersedekah Dari Sahabat Rasulullah SAW.

Ditulis Oleh Joy Johari pada Rabu, 09 Januari 2013 | 08.30


Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah

Sesuai tema yang dibicarakan sahabat Pengunjung, saya pun berharap posting ini menjadikan suatu kebaikan yang berpahala. Semoga Anda termasuk pembaca yang mendapat nikmat iman dan hidayahNya. Aamiin.


Entah mengapa, saya ingin sekali memposting tentang sedekah ini di sini sekedar saling mengingatkan. Sebelumnya mari kita tinjau pengertian sedekah dulu sebagai berikut.

Sedekah asal kata bahasa Arab shadaqoh yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha (ahli fikih) disebuh sadaqah at-tatawwu' (sedekah secara spontan dan sukarela).

Di dalam Alquran banyak sekali ayat yang menganjurkan kaum Muslimin untuk senantiasa memberikan sedekah. Di antara ayat yang dimaksud adalah firman Allah SWT yang artinya:

''Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.'' (QS An Nisaa [4]: 114).

Empat sahabat Rasulullah SAW., pernah menyampaikan terkait dengan sedekah ini penuh dengan pesan motivasi, sebagai berikut.


"Setiap apa yang kamu sedekahkan, maka akan berkata : Dulu aku musuhmu, sekarang kamu adalah temanku dan dulu aku dijaga olehmu, sekarang aku akan menjagamu dan dulu aku kecil, sekarang aku besar dan dulu aku sesuatu yang akan musnah, sekarang aku kekal abadi".


"Semua perbuatan baik akan saling membanggakan diri di akhirat, lalu sedekah akan berkata : Akulah yang paling utama di antara kalian semua".


"Berniagalah dengan Allah melalui sedekah, pasti kamu akan beruntung".


"Hiasilah imanmu dengan sedekah, lindungilah hartamu dengan zakat dan hindarilah bencana dengan doa".

Demikian semoga bermanfaat. Selamat menafakuri dan sungguh-sungguh mengamalkannya.
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Motivasi Bersedekah Dari Sahabat Rasulullah SAW. ini diposting oleh Joy Johari pada hari Rabu, 09 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Motivasi Bersedekah Dari Sahabat Rasulullah SAW. ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

2 komentar:

  1. Saya kenal seseorang yang semangat dalam bersedekah dan dia pun tidak ria', subhanallah. semoga hati saya lebih dikuatkan lagi oleh Allah.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !

http://petir-fenomenal.blogspot.com/p/pesan-kalakat-dimsum-serang.html
Banner santri

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Halaman

Komentar Teranyar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal