Pembelajaran Virtual - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Pembelajaran Virtual

Pembelajaran Virtual

Ditulis Oleh Joy Johari pada Minggu, 18 November 2012 | 14.31


Apa sih pembelajaran system virtual? Saya yakin kalau semua guru sudah melihat sosialisasinya tentang ini, pasti tertarik dan setuju bahwa pembelajaran cara ini jauh lebih efektif (paikem) dan bermakna.
Saya sendiri pernah mewakili sekolahku sebagai peserta sosialisasi yang diselenggarakan salah satu perusahaan bekerja sama dengan dinas pendidikan kota xxx. Apa yang saya lihat? Wow…..menakjubkan ! Canggih, amazinglah ! Lagi-lagi menuntut guru melek ICT. So, tidak ada yang tidak mungkin, serumit apa pun teknik ICT, bagi guru pasti akan mampu melakukannya. Yang penting pemerintah berkomitmen mengadakan fasilitasnya. Masalah guru belum mengerti ICT, itu perkara waktu saja. Semuanya dapat diatur !

Mengapa sekolah masih tergantung pada pemerintah dalam hal sarana-prasarana? Jawabnya, bagaimana tidak, wong begitu selesai sosialisasi pihak perusahaan bilang : “Untuk dapat menggunakan pembelajaran sistim virtual ini pihak sekolah harus membeli servernya dengan harga 120 juta rupiah”. Haaa…!! Jadi jelas, peran pemerintahlah yang kita andalkan !

Oh, ya, tentang sistim pembelajaran virtual itu sendiri lebih kurang penjelasannya sebagai berikut.

Sistem pembelajaran virtual merupakan media yang digunakan untuk menghadirkan sarana pemahaman materi yang berada di laboratorium / workshop kedalam kelas secara “virtual”. Adanya kebutuhan mengenai materi pendukung yang dapat diakses pada jarak jauh, maka dirancanglah suatu sistem pembelajaran virtual yang memanfaatkan teknologi Wi-Fi sebagai sarana pengiriman dan penerimaan data. Perangkat Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLANs (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah nama dagang (certification) yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (Internet) yang bekerja di jaringan WLANs dan sudah memenuhi kualitas interoperability yang dipersyaratkan. Penerapan perangkat Wi-Fi pada sistem komunikasi data dapat memberikan nilai lebih dalam penggunaannya. Dalam tugas akhir ini penulis mencoba menerapkan sistem pembelajaran virtual secara online dan realtime pada miniplant DCS (Distributed Control System). Agar dapat diperoleh data secara online, maka penggunaan teknologi Wireless Fidelity (WIFI) ,merupakan komponen utama dalam pengaturan pengiriman data. Dengan menggunakan suatu pengendalian jarak jauh, maka dosen yang melakukan pembelajaran diruang kuliah dapat memberikan gambaran nyata pada teori yang dijelaskan. Kata kunci : Virtual, Wireless Fidelity (WIFI), Distributed Control System (DCS).
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Pembelajaran Virtual ini diposting oleh Joy Johari pada hari Minggu, 18 November 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Pembelajaran Virtual ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

http://petir-fenomenal.blogspot.com/p/pesan-kalakat-dimsum-serang.html
Banner santri

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Halaman

Komentar Teranyar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal