Pendidikan Keluarga Dasar Pendidikan Karakter - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Pendidikan Keluarga Dasar Pendidikan Karakter

Pendidikan Keluarga Dasar Pendidikan Karakter

Ditulis Oleh Joy Johari pada Sabtu, 17 Maret 2012 | 04.03

PENDIDIKAN informal dalam keluarga memiliki peran penting dalam proses pembentukan karakter manusia Indonesia masa depan. Hal itu disebabkan, keluarga dan masyarakat merupakan lingkungan tumbuh dan berkembangnya anak sejak mulia usia dini hingga mereka menjadi pemuda. “Guru hanya mengajarkan apa yang diterapkan dalam kurikulum. Sedangkan keluarga dan masyarakat berperan dalam proses pembentukan melalui pendidikan agama, etika, budi pekerti dan norma-norma sosial yang dianut.” Demikian dikatakan Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan Nasional, Ella Yulaelawati dalam Seminar dan Lokarya Pendidikan Karakter Bangsa dan Penguatan Kelembagan Pembinaan Pendidikan Masyarakat di Jakarta, Kamis (9/6).

Dikatakan, perlu adanya peran serta aktif semua komponen bangsa untuk membentuk pribadi generasi muda yang yang berkarakter dan nasionalis. “Kita tidak bisa saling melempar tanggung jawab. Pembentukan karakter generasi muda adalah tugas kita semua,” katanya.

Sedangkan mantan Gubernur Lemhamnas Letnan Jenderal (Purn) M Moetoyib menegaskan, nilai-nilai karakter bangsa yang dibentuk mulai dari pendidikan informal, dan secara pararel berlanjut pada pendidikan formal dan nonformal harus sejak dini diperkenalkan kepada seluruh warga masyarakat. ”kebijakan dan implementasi pendidikan yang berbasis karakter menjadi sangat penting dan strategis dalam rangka membangun bangsa ini. Hal ini tentunya juga menuntut adanya dukungan yang kondusif dari pranata politik, sosial, dan budaya bangsa, ”katanya.

Ia juga setuju, bahwa pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan informal di tengah keluarga. Karenanya, diperlukan kearifan dari keaneragaman nilai dan budaya kehidupan bermasyarakat. ”Kearifan itu segera muncul, jika seseorang membuka diri untuk menjalani kehidupan bersama dengan melihat realitas plural yang terjadi, ”jelasnya.

Menurutnya, pendidikan harus diletakan pada posisi yang tepat, apalagi ketika menghadapi konflik yang berbasis pada ras, suku dan keagamaan. ”Pendidikan karakter bukanlah sekedar wacana tetapi realitas implementasinya, bukan hanya sekedar kata-kata tetapi tindakan dan bukan simbol atau slogan, tetapi keberpihak yang cerdas untuk membangun keberadaban bangsa Indonesia, ”ujarnya.

Penulis: Yanuar Jatnika
Sumber Postingan : http://pls.unnes.ac.id/2011/pendidikan-keluarga-dasar-pendidikan-karakter/
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Pendidikan Keluarga Dasar Pendidikan Karakter ini diposting oleh Joy Johari pada hari Sabtu, 17 Maret 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Pendidikan Keluarga Dasar Pendidikan Karakter ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

http://petir-fenomenal.blogspot.com/p/pesan-kalakat-dimsum-serang.html
Banner santri

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Halaman

Komentar Teranyar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal