Selasa, 28 Mei 2013

Pengertian Sudut Pandang dalam Cerpen

  Pengertian Sudut Pandang dalam Cerpen
Sudut pandang disebut juga pusat narasi adalah penentu gaya dan corak cerita. Watak dan kepribadian pencerita akan banyak menentukan cerita yang dituturkan kepada pembaca. Keputusan pengarang dalam menentukan siapa yang akan menceritakan kisah menentukan apa yang ada dalam cerita. Jika pencerita berbeda, detail-detail cerita yang dipilih juga berbeda (Heri Jauhari, 2013 : 54). 
Dari 4 jenis sudut pandang, ada yang salah satu jenisnya adalah “Narator Aktif (Author Participant)”. Narator turut mengambil bagian dalam cerita. Terkadang mengambil posisi sebagai tokoh utama. Hal ini terlihat dalam penggunaan kata ganti orang pertama (aku, saya, kami). Dengan demikian, narator hanya dapat melihat dan mendengar kebiasaan orang lain saja. Narator tidak dapat membaca pikiran tokoh lain kecuali dari penafsiran perilaku dan fisiknya (Heri Jauhari, 2013 : 55).
Gambar Ilustrasi : dari Google

Pengertian Sudut Pandang dalam Cerpen ini dikutip dari buku "Terampil Mengarang dari Persiapan Hingga Presentasi dari Karangan Ilmiah Hingga Sastra" karangan Heri Jauhari, 2013. Bandung : Nuansa Cendekia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !