Roket-Roket Yang Digunakan Hamas Untuk Lawan Israel - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » , , » Roket-Roket Yang Digunakan Hamas Untuk Lawan Israel

Roket-Roket Yang Digunakan Hamas Untuk Lawan Israel

Ditulis Oleh Joy Johari pada Senin, 21 Juli 2014 | 04.58

Roket-Roket Yang Digunakan Hamas Untuk Lawan Israel . Hamas adalah kependekan dari Harakat Al Muqawwama Al Islamiyyah (Gerakan Pertahanan Islam, sebuah kelompok Islam Palestina yang berdiri pada tahun 1987 untuk melawan dan menghancurkan Israel dan mencapai kemerdekaan dengan mendirikan Negara Islam Palestina dipimpin (Alm) Syekh Ahmad Yassin. Pada pemilu 2006 berhasil menjadi partai pemenang).

Gambar +Merdeka.com 
Perjuangan rakyat Palestina tak akan pernah lepas dari nama Hamas. Apa sebenarnya Hamas? Hamas, atau singkatan dari Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah (:حركة المقاومة الاسلامية) , secara harfiah bisa diartikan sebagai "Gerakan Pertahanan Islam." Sejak berdiri pada tahun 1987, Hamas sudah mendeklarasikan sebagai sebuah gerakan dan partai politik Palestina berhaluan Islam untuk melakukan perlawanan terhadap pendudukan dan penjajahan Israel di Palestina.
Pada tahun 2006, partai ini memenangkan pemilu parlemen Palestina. Sejak awal Februari 2007, kelompok ini terlibat konflik dengan kelompok Fatah akibat kekalahan kelompok Fatah di pemilu parlemen 2006.
Tujuan pendirian Hamas sangat jelas dan tegas: "mengibarkan panji-panji Allah di setiap inci bumi Palestina". Dengan kata lain: melenyapkan bangsa Israel dari Palestina dan menggantinya dengan negara Islam. Sepanjang sejarah beridirinya, Hamas selalu dipimpin oleh orang-orang yang berpendidikan tinggi. Sebut saja misalnya Abdul Aziz al-Rantissi (dokter spesialis anak), Abdul Fatah Dukhan dan Muhammad Shamaa (keduanya guru), Isa Nashar dan Abu Marzuq (insinyur mesin), Syekh Salah Silada (dosen), dan Ibrahim al-Yazuri (farmakolog).
Mengapa Hamas ada?
Hamas didirikan sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap organisasi-organisasi perlawanan Palestina yang lebih dahulu ada dalam menghadapi Israel. Mereka dinilai lembek dan cenderung kompromistis. Fatah, misalnya, membuka dialog dengan Israel.
Peluncuran Hamas menemukan momentumnya dengan kebangkitan Intifadah I, yang bergolak di sepanjang Jalur Gaza. Anak-anak Palestina tak gentar melawan tentara Israel dengan batu-batu sekepalan tangan. Sejak itu, sayap-sayap militer Hamas beroperasi secara terbuka. Mereka meluncurkan sejumlah serangan balasan-termasuk bom syahid—ke kubu Israel.
Sudah lebih dari seminggu, Israel telah melancarkan lebih dari 1.300 serangan udara di Jalur Gaza, sebuah wilayah padat penduduk yang dihuni 1,7 juta orang dan berada di bawah pemerintahan kelompok Hamas. Lalu bagaimanakah pertahanan Hamas?
Diketahui Hamas memiliki 5 jenis roket untuk menghadapi serangan Israel ini. Berikut ini jenis-jenis roket milik Hamas tersebut.
  1. Roket Khaibar M-302 adalah roket buatan Suriah. Roket Khaibar M-302 memiliki jangkauan hingga 150 kilometer dan dapat membawa muatan hingga 145 kilogram. 
  2. Roket Qassam. Roket Qassam memiliki tiga jenis. Pertama, Qassam-1 yang dapat ditembakkan dengan jarak lebih dari lima kilometer sambil membawa hulu ledak lima kilogram. Lalu Qassam-2 yang dapat ditembakkan hingga lebih dari 12 kilometer dengan membawa hulu ledak 10 kilogram, dan terakhir Qassam-3 yang dapat ditembakkan dengan jarak lebih dari 16 kilometer dengan membawa hulu ledak 20 kilogram. 
  3. Roket Fajr-5. Fajr-5 adalah roket Iran yang berfungsi sebagai senjata bergengsi bagi Hamas. Roket Fajr-5 memiliki jangkauan hingga 75 kilometer dan dapat membawa hulu ledak 175 kilogram. 
  4. Roket WS-1E adalah varian dari sistem persenjataan buatan China. Roket ini kemungkinan diproduksi dari cetak biru persenjataan China oleh Garda Revolusi Iran di sebuah fasilitas di Sudan. Dari Sudan, roket-roket ini diselundupkan ke Gaza melalui terowongan buat penyelundupan di Mesir. Roket jenis ini memiliki jangkauan hingga 40 kilometer dan dapat membawa hulu ledak mulai dari 18 kilogram sampai 22 kilogram.  
  5. Roket Grad. Hamas telah menembakkan roket jenis Grad ke Israel sejak tahun 2006. Roket ini dibuat di sejumlah negara, termasuk Iran dan China. Roket-roket ini dibawa ke Jalur Gaza melalui terowongan-terowongan bawah tanah dipakai untuk penyelundupan yang menuju Mesir. Di antara roket jenis Grad, Hamas juga memiliki roket Grad buatan Soviet bernama Katyusha.
    Roket Grad memiliki kisaran jarak yang bervariasi mulai dari 18 kilometer hingga 40 kilometer, tergantung pada berapa banyak Hamas memodifikasi roket itu, dan dapat membawa hingga 18 kilogram hulu ledak.
Referensi : berbagai sumber.
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Roket-Roket Yang Digunakan Hamas Untuk Lawan Israel ini diposting oleh Joy Johari pada hari Senin, 21 Juli 2014. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Roket-Roket Yang Digunakan Hamas Untuk Lawan Israel ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

http://petir-fenomenal.blogspot.com/p/pesan-kalakat-dimsum-serang.html
Banner santri

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Halaman

Komentar Teranyar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal