Selasa, 11 Juni 2013

Pengertian Buku Daras

Pengertian Buku Daras . Banyak orang belum paham tentang buku daras. Secara etimologi, kata daras berasal dari kata bahasa Arab dars yang artinya pelajaran. Kita sering mendengar kata dars awal atau dars tsani yang artinya pelajaran pertama atau pelajaran kedua, yang lebih terkenal dengan bab atau bagian. Bab atau bagian itu merupakan satu pokok bahasan dalam suatu pelajaran. Dengan demikian, yang dimaksud buku daras di sini ialah buku-buku selain karya sastra, buku populer, biografi, terbitan pemerintah, dan lain-lain, tetapi buku pelajaran yang bisa dipelajari di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Buku-buku tersebut biasa ditulis sesuai kurikulum, silabus, dan satuan acara perkuliahan.
Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam membuat buku daras. Pertama, menentukan tujuan; kedua, membuat silabus; ketiga, membuat kerangka karangan; keempat, mengumpulkan bahan tulisan; kelima, menulis; keenam, merevisi; ketujuh, mengedit; kedelapan, membuat dami atau draf; dan kesembilan, mengajukan ke penerbit. Untuk tahapan menulis dapat dibaca di sini.
Sumber : Jauhari, Hari.(2013). Terampil Mengarang. Bandung : Nuansa Cendekia (hal. 170).

1 komentar:

Terima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !