Jumat, 31 Mei 2013

Pengertian Artikel

Pengertian Artikel . Artikel adalah tulisan lepas berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan kadang-kadang kontroversial dengan tujuan untuk memberi tahu (informatif), mempengaruhi, meyakinkan (persuasif argumentatif) dan menghibur khalayak pembaca (Sumadiria, 2004: 1). Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI, 2001: 66), “Artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai di majalah, surat kabar, dan sebagainya.”
Artikel merupakan salah satu karya tulis ilmiah yang paling sederhana. Dari pemilihan judul, sistematika penulisan, sampai isi yang dituliskan pada sebuah artikel lebih sederhana dari karya tulis ilmiah lainnya. Pemilihan kata dan ragam bahasanya juga lebih santai. Walaupun demikian, dalam mengatasi masalah pada sebuah artikel, diperlukan penyelesaian yang memadai. Kandungannya pun harus dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (secara lengkap dibahas di bab VI).
Pustaka : Jauhari, Heri. (2013). Terampil Mengarang dari Persiapan Hingga Presentasi dari Karangan Ilmiah Hingga Sastra. Bandung : Nuansa Cendekia. (Halaman 201).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !