Sabtu, 11 Januari 2014

Kelebihan Guru Jika Jadi Blogger

Kelebihan Guru Jika Jadi Blogger. Sebelumnya saya pernah update tentang artikel “Kerja Sama IT Kemdikbud dengan Telkomsel Membuat Guru Goblog”. Sengaja kata go blog itu saya tulis disatukan hanya dengan tujuan memikat minat pembaca. Guru yang ngeblog berhak menyandang julukan blogger. Blogger itu orang yang tukang ngeblog. Blogger berarti sudah pasti punya blog/situs/web pribadi atau milik institusi. Saya meyakini bahwa awalnya blogger hanya terbatas ada pada kalangan mereka yang melek IT lebih dahulu. Terutama mereka yang yang mempunyai pengalaman di bidang IT. Namun sekarang, seiring dengan perkembangan zaman, orang yang di luar komunitas tadi juga sudah tak terhitung jumlahnya yang sudah mempunyai blog, dengan jalan otodidak atau belajar dari teman yang sudah mengerti membuat blog atau mungkin belajar melalui tutorial-tutorial yang ada di google.
Sekilas Mengenai Guru
Guru itu pekerjaannya di sekolah, kecuali guru silat atau guru ngaji. Pekerjaan guru itu sangat mulia, tak salah apabila pemerintah menjuluki guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bahkan keterangan agama Islam dalam suatu hadits, ada yang menyatakan bahwa Allah dan malaikatNya serta apa-apa yang ada di langit dan di bumi serta semut yang ada di lubangnya, memberikan shalawat kepada guru yang mengajarkan kebaikan. Subhanallah. Hanya karena guru suatu Negara akan maju. Hanya karena guru, seseorang menjadi pandai.
Tugasnya guru adalah mendidik dan mengajar murid-muridnya di sekolah. Sebenarnya yang dihadapi guru dalam kenyataannya sungguhlah kompleks. Adanya perbedaan antara mendidik dan mengajar itu juga menambah kompleksitasnya tugas yang dihadapi guru. Terkait dengan cara mendidik, guru dituntut seolah harus menjadi manusia yang sempurna. Mengapa tidak, karena mendidik butuh keteladanan, panutan dan tuntunan dari guru itu sendiri. Oleh karena itu pepatah ini tak pernah lekang oleh zaman, “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari”. Guru dihadapkan pada pekerjaan yang tidak bisa ditunda menggunakan waktu yang lain, karena pekerjaannya menghadapi benda hidup yakni manusia. Berbeda dengan pegawai struktural, mereka bisa saja memboyong pekerjaan kantor dibawa ke rumah, atau mungkin menundanya untuk dikerjakan besok harinya.
Kelebihan Guru Jika Jadi Blogger
Mengapa guru memiliki kelebihan jika menjadi blogger? Blogger itu butuh informasi, pengetahuan, ide, dan inspirasi untuk menulis untuk kemudian diposkan ke dalam blognya. Maka pada gurulah ide dan inspirasi itu tidak akan pernah ada habis-habisnya. Karena guru selalu bergumul dengan berbagai masalah mendidik dan pembelajaran yang di hadapinya di sekolah. Antara lain guru dapat membuat tulisan dengan ide-ide sebagai berikut.
a. Menulis Tentang Cara Mengajar
Karena cara mengajar bukanlah sesuatu yang baku, maka guru yang mempunyai pengalaman cara mengajar yang baik atau berhasil, dapat berbagi kepada orang lain dalam bentuk tulisan (mungkin saja dalam bentuk PTK). Pengalaman mengajar ini tidak terbatas pada satu mata pelajaran, untuk guru SD, pengalaman itu bisa dari banyak mata pelajaran dan pokok bahasan (kompetensi dasar) yang diajarkannya. Dan cara mengajar yang digunakannnya juga mungkin bisa diterangkan berdasarkan berbagai sisi, entah itu teknik, metode, strategi atau apa saja yang menunjang keberhasilan mengajar tersebut.
b. Menulis Tentang Cara Menghadapi Anak yang Nakal
Jika guru mempunyai pengalaman menghadapi siswa yang nakal dan berhasil merubah siswanya menjadi siswa yang baik dan rajin belajar, maka ini pun bisa jadi ide untuk ditulis.
c. Menulis Cara Membuat Alat Peraga
Tidak semua alat peraga di sekolah dapat dipenuhi oleh pemerintah. Ketika suatu sekolah minim dengan alat peraga, maka guru dituntut untuk lebih kreatif membuat alat peaga sendiri. Ini pun bisa menjadi tulisan yang bermanfaat bagi orang lain.
d. Menulis Cara Membimbing Siswa Agar Cepat Mampu Membaca
Tidak sedikit guru kelas 1 SD mengeluh tentang sulitnya mengajar membaca. Keluhan mereka kebanyakan disebabkan karena sampai akhir tahun pelajaran masih ada beberapa siswa yang belum bisa membaca. Jika anak yang belum bisa membaca kemudian dinaikkan ke kelas 2, maka ini akan menjadi beban guru kelas 2. Tapi banyak juga dengan segala kepiawaiannya guru kelas 1 mampu membuat siswa kelas 1 semuanya mampu membaca. Nah, baik yang merasa berhasil atau pun tidak, tidak ada salahnya apabila hal tersebut dituangkan menjadi sebuah tulisan
e. Menulis Suka Duka Mengajar dan Mendidik
f. Menulis Cara Meningkatkan Minat Baca
g. Menulis Cara Menyusun RPP yang Baik
h. dan banyak ide-ide yang lain yang terjadi di lapangan.
Keuntungan dari sisi lain jika guru jadi blogger adalah: jika blognya dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran bagi siswanya, maka otomatis siswanya ramai mengunjungi blognya.
Demikian tulisan sederhana ini, semoga ada manfaatnya.

2 komentar:

Terima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !