Sabtu, 28 Desember 2013

Cara Menulis Rumus Matematika di Blog

Cara Menulis Rumus Matematika di Blog . Sebelum kepada materi pembahasan judul ini perkenankan dulu saya mengajak Anda tertawa. Prolog ini bisa disebut sebagai latar belakang mengapa saya mengunggah materi ini untuk Anda. Begini ceritanya, dua tahun lebih saya mempunyai blog tepatnya sejak tahun 2011. Tak pernah terpikir untuk memposting materi dengan label atau kategori matematika. Ketika saya menemukan arsip pribadi sebanyak 14 halaman berisi kumpulan soal matematika olimpiade berikut pembahasannya, sepontan saya bikin label/kategori baru di blog ini yaitu label matematika. Dan dengan pede-nya pula saya langsung mengetik soal-soal tadi menggunakan Equation di word 2007. Pikir saya, cukuplah 3 soal saja sebagai permulaan untuk label ini. Singkat cerita, hasil ketikan tadi saya postkan ke blog. Hasilnya ……. Alamaaaak….!! Ternyata semua rumus matematika tadi tidak bisa nampak alias hilang atau hanya berbentuk seperti lambang jump break (lambang pembuat redmore di blog).

Berkali-kali saya lakukan namun hasilnya sama saja, gagal. Stress bukan? Akhirnya terpaksa materi soal saya kurangi hanya 1 soal dan saya post-kan dengan cara memfoto rumus tadi dengan menggunakan Nexus untuk dijadikan gambar. Jadi, khusus rumus saya upload dalam bentuk gambar.
Tentu saja apa yang saya rencanakan  menulis posting soal matematika sehari 3 soal di blog ini tertunda karena harus belajar dulu ilmunya. Saya bisa menulis rumus matematika ilmunya diperoleh dari Diklat di P4TK Matematika Yogyakarta. Karena ingat P4TK Matematika, maka saya buka situs P4TK tersebut dengan harapan ada cara menulis rumus matematika di blog. Filing saya benar, ternyata di situs ini ada apa yang saya cari. Ok, akan saya bagikan, siapa tahu teman-teman blogger pemula juga membutuhkan, adalah sebagai berikut.
Menuliskan rumus dan simbol matematika di halaman web memang agak rumit, berbeda misalnya dengan ketika bekerja pada aplikasi pengolah kata semisal MS Word yang menyediakan fitur visual dengan Equation Editor. Untuk menulis simbol atau rumus matematika di halaman web, termasuk blog, dapat menggunakan Online Equation Editor, contohnya situs CodeCogs (codecogs.com). Situs ini menyediakan form tampilan untuk menulis rumus secara visual tinggal mengklik pada simbol-simbol yang ingin dituliskan.

Langkah menuliskan rumus pada blog menggunakan CodeCogs adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke situs codecogs.com, pilih link Equation Editor.
  • Akan muncul tampilan equation editor yang dapat digunakan secara visual maupun langsung menggunakan kode latex. Bagi pemula sebaiknya gunakan cara visual. Sebagai latihan tuliskan rumus berikut.

  • Setelah rumus dibuat kita memiliki dua pilihan untuk memasukkan ke blog atau halaman web. Alternatif pertama adalah dengan mengunduh rumus tersebut menjadi gambar (Pilih link Click here to Download Image). File diunduh ke komputer lokal dan kemudian dari komputer lokal file ini diunggah ke blog seperti kita mengunggah foto/gambar.
  • Cara yang lain adalah dengan menyalin kode HTML yang ada pada bagian bawah tampilan (sebaiknya pilih yang HTML dan bukan HTML Edit). Kode ini disalin dan ditempelkan ke dalam artikel/tulisan blog pada mode HTML (jangan pada mode visual). Jika kode sudah disalin coba lihat preview-nya pada mode visual.
  • Jika rumus sudah tampil, lanjutkan menulias artikel/posting seperti biasa.
Cara ini berlaku untuk berbagai blog maupun situs web. Khusus untuk blog yang ada di wordpress.com kita juga dapat langsung menuliskan kode latex pada artikel dengan kode $$ pada awal dan akhir kode latex.
Dengan ditemukannya cara ini, maka insya Allah label matematika akan saya isi selalu dengan soal-soal matematika bertaraf olimpiade SD secara bertahap.
Bagi yang telah mencoba membuat rumus di blog silahkan link-nya dibagikan disini berikut pengalamannya.
Sumber : P4TK Matematika.

5 komentar:

  1. wah terima kasih sudah berbagi, saya kepingin nulis rumus fisika tapi ngak bisa2 kunjungi saya kutui tanyung blogs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat. (setiap komen yg mencantumkan link live seperti di atas otomatis saya hapus), baiklah utk milik Pak Rahmat Kurnia kekecualian tdk akan saya hapus...dg tujuan semoga dpt membantu menghantarkan pengguna internet mengunjungi blog yg bermanfaat ! Heheh...

      Hapus
  2. ohhh gitu, akhirnya saya bisa juga nulis rumus heheh

    visit juga blog saya ya :D
    merangkaitulisan.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Good artikel, terimakasih infonya gan My blog

    BalasHapus
  4. semangat belajar ... terima kasih .... https://semogadimudahkan.blogspot.com/

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !