TAKSONOMI PEMECAHAN MASALAH .
Wankat dan Oreovocz (1995) mengklasifikasikan lima tingkat taksonomi pemecahan masalah, yaitu sebagai berikut.
Wankat dan Oreovocz (1995) mengklasifikasikan lima tingkat taksonomi pemecahan masalah, yaitu sebagai berikut.
a.
|
Rutin
|
:
|
Tindakan rutin atau bersifat alogaritmik yang dilakukan tanpa membuat suatu keputusan. Beberapa aoperasi matematika seperti persamaan kuadrat, operasi integral, analisis varian, termasuk masalah rutin.
|
b.
|
Diagnostik
|
:
|
Pemilihan suatu prosedur atau cara yang tepat secara rutin. Beberapa rumus yang digunakan dalam menentukan tegangan suatu balok, dan diagnose adalah memilih prosedur yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut.
|
c.
|
Strategi
|
:
|
Pemilihan prosedur secara rutin untuk memecahkan suatu masalah. Strategi merupakan bagian dari tahap analisis dan evaluasi dalam taksonomi Bloom.
|
d.
|
Interpretasi
|
:
|
Kegiatan pemecahan masalah yang sesungguhnya, karena melibatkan kegiatan mereduksi masalah yang nyata, sehingga dapat dipecahkan.
|
e.
|
Generalisasi
|
:
|
Pengembangan prosedur yang bersifat rutin untuk memecahkan masalah-masalah yang baru.
|
Sumber : Made Wena. (2009 : 53) Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !