Contoh Latar Belakang Skripsi - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Contoh Latar Belakang Skripsi

Contoh Latar Belakang Skripsi

Ditulis Oleh Joy Johari pada Minggu, 07 Juli 2013 | 09.48

JUDUL SKRIPSI : 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP LUAS DAERAH TRAPESIUM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION


BAB I
PENDAHULUAN
Pada pembelajaran matematika khususnya pada materi luas daerah trapesium, anak masih banyak yang belum mengerti tentang konsep luas daerah trapesium tersebut, menurut data lapangan yang diperoleh di SD Negeri Cisangku, dan menurut guru yang mengajar, anak masih belum bisa sepenuhnya memahami konsep materi yang diajarkan khususnya pada materi luas daerah trapesium, dengan nilai rata-rata dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 50, sedangkan  kriteria ketuntasan minimalnya adalah 60.
Belajar matematika adalah suatu proses (aktivitas) berpikir disertai dengan aktivitas afektif dan fisik. Pembelajaran matematika yang ingin dicapai, di antaranya yaitu memiliki kemampuan berpikir kritis, dan kenyataan yang ada di lapangan. Juga dapat kita cermati bahwa agar kemampuan berpikir kritis siswa dapat dikembangkan dengan baik, maka proses pembelajaran yang dilaksanakan harus melibatkan siswa secara aktif. Sehingga dalam hal ini pemilihan pendekatan kontekstual sangat tepat dalam pembelajaran matematika.
Dari data diatas penulis mencoba untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika,  dimana salah satu penunjang keberhasilan seorang guru dalam proses pembelajaran  adalah dengan menggunakan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran, dan diyakini metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).
Pembelajaran matematika realistik atau Realistic Mathematics Education (RME) adalah sebuah pendekatan pembelajaran matematika yang dikembangkan Freudenthal di Belanda. Gravemeijer (1994: 82) dimana menjelaskan bahwa yang dapat digolongkan sebagai aktivitas tersebut meliputi aktivitas pemecahan masalah, mencari masalah dan mengorganisasi pokok persoalan. Matematika realistik yang dimaksudkan dalam hal ini adalah matematika sekolah yang dilaksanakan dengan menemapatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran. Masalah-masalah realistik digunakan sebagai sumber munculnya konsep-konsep matematika atau pengetahuan matematika formal.
Karakteristik RME menggunakan: konteks “dunia nyata”, model-model, produksi dan kontruksi siswa, interaktif dan keterkaitan. Pembelajaran matematika realistik diawali dengan masalah-masalah yang nyata, sehingga siswa dapat menggunakan pengalaman sebelumnya secara langsung. Dengan pembelajaran matematika realistik siswa dapat mengembangkan konsep yang lebih komplit. Kemudian siswa juga dapat mengaplikasikan konsep-konsep matematika ke bidang baru dan dunia nyata. 
Dari uraian latar belakang masalah tersebut maka perlu dilakukan pembelajaran tentang peningkatan mutu pendidikan matematika di sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education. Oleh karena itu penulis mengambil judul untuk dijadikan penelitian ini, yaitu “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Luas Daerah Trapesium dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education”.
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Contoh Latar Belakang Skripsi ini diposting oleh Joy Johari pada hari Minggu, 07 Juli 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Contoh Latar Belakang Skripsi ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Komentar Teranyar

Google+ Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal